MTs Miftahuddin, sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, menerapkan sistem peraturan yang jelas dan tegas. Tujuan utama sistem ini adalah untuk mendisiplinkan siswa-siswa agar mereka dapat menghargai aturan, memahami konsekuensi dari tindakan yang melanggar, dan membentuk karakter yang baik.

Salah satu aspek penting dalam sistem peraturan di MTs Miftahuddin adalah pendekatan tindakan progressif. Artinya, ketika siswa melanggar aturan, langkah-langkah tertentu akan diambil untuk menghadapinya. Berikut adalah penjelasan mengenai sistem peraturan yang berlaku di sekolah ini:

  1. Surat Panggilan Pertama: Jika seorang siswa melanggar aturan yang ditetapkan, langkah pertama yang diambil adalah memberikan surat panggilan pertama. Surat ini diberikan kepada siswa sebagai peringatan awal bahwa perilaku mereka tidak sesuai dengan aturan madrasah. Surat panggilan pertama ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan tindakan mereka dan memperbaiki perilaku.
  2. Surat Peringatan Kedua: Jika siswa yang telah menerima surat panggilan pertama terus melanggar aturan, langkah berikutnya adalah menerbitkan surat peringatan kedua. Surat ini tidak hanya dikirim kepada siswa, tetapi juga melibatkan orang tua atau wali siswa terkait. Dalam pertemuan yang diatur, pihak madrasah akan berkomunikasi dengan orang tua siswa untuk mendiskusikan perilaku anak mereka. Surat peringatan kedua bertujuan untuk memberikan peringatan yang lebih kuat dan melibatkan orang tua dalam upaya mendisiplinkan siswa.
  3. Surat Peringatan Ketiga dan Konsekuensi Serius: Jika siswa yang telah menerima surat peringatan kedua masih melanggar aturan, langkah terakhir yang diambil adalah menerbitkan surat peringatan ketiga. Surat peringatan ketiga ini memberikan peringatan terakhir kepada siswa bahwa perilaku mereka tidak dapat diterima dan mengancam keberadaan mereka di madrasah. Dalam surat ini, pihak madrasah akan menjelaskan konsekuensi serius yang mungkin terjadi, termasuk kemungkinan pengeluarkan dari madrasah.

Penting untuk dicatat bahwa pengeluaran dari sekolah adalah langkah yang diambil sebagai tindakan terakhir, dan keputusan tersebut diambil setelah pertimbangan matang oleh pihak madrasah. Tujuan utama adalah mengajarkan siswa akan tanggung jawab dan akibat dari perilaku yang melanggar aturan, serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk memperbaiki diri.

Sistem peraturan di MTs Miftahuddin mencerminkan komitmen sekolah terhadap pendidikan yang berkualitas dan pembentukan karakter siswa yang baik. Melalui pendekatan tindakan progressif ini, diharapkan siswa dapat memahami pentingnya ketaatan terhadap aturan, bertanggung jawab atas tindakan mereka, dan mengembangkan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh madrasah.