Praktek pembelajaran yang disampaikan oleh siswa atau sering disebut sebagai “peer teaching” atau “pembelajaran sebaya” adalah metode pembelajaran di mana siswa mengajar atau mengajarkan materi pelajaran kepada sesama siswa. Praktek pembelajaran yang disampaikan oleh siswa dapat memberikan banyak manfaat, antara lain:
- Meningkatkan pemahaman konsep Dengan mengajar materi pelajaran kepada teman sekelas, siswa akan lebih memahami konsep atau teori yang dipelajari di dalam kelas. Hal ini karena siswa harus memahami materi secara lebih dalam dan mempersiapkan diri sebelum mengajar.
- Meningkatkan keterampilan presentasi Praktek pembelajaran yang disampaikan oleh siswa dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan presentasi yang diperlukan di dalam kehidupan sehari-hari dan karir. Hal ini karena siswa harus mempersiapkan materi dan menyajikannya dengan baik agar dapat dipahami oleh teman sekelas.
- Meningkatkan kepercayaan diri Dengan mengajar materi pelajaran kepada teman sekelas, siswa akan merasa lebih percaya diri dan mandiri dalam belajar. Hal ini karena siswa merasa bahwa mereka mampu untuk memberikan kontribusi yang berguna di dalam kelas.
- Meningkatkan interaksi sosial Praktek pembelajaran yang disampaikan oleh siswa dapat membantu siswa untuk berinteraksi lebih baik dengan teman sekelas. Hal ini karena siswa dapat bekerja sama dan belajar dari satu sama lain selama kegiatan pembelajaran.
- Menyediakan pengalaman belajar yang berbeda Praktek pembelajaran yang disampaikan oleh siswa dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda dari pembelajaran konvensional di dalam kelas. Hal ini dapat membantu siswa untuk memperluas pemahaman dan keterampilan mereka di luar ruang kelas.
Dalam praktek pembelajaran yang disampaikan oleh siswa, guru atau pendidik tetap berperan penting dalam memfasilitasi kegiatan pembelajaran dan memberikan arahan dan dukungan yang diperlukan. Hal ini bertujuan agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan aman bagi siswa.